Cara Meningkatkan Skor Kredit Sebelum Ajukan Pinjaman ke Bank

Cara Meningkatkan Skor Kredit Sebelum Ajukan Pinjaman ke Bank

Skor kredit adalah penilaian yang dilakukan oleh lembaga yang memiliki otoritas untuk memeriksa kemampuan nasabah dalam membayar pinjaman. Penting sekali untuk mengetahui cara meningkatkan skor kredit. Agar pengajuan pinjaman ke bank yang nantinya dilakukan dapat diproses dengan mudah dan cepat.

Kenapa Skor Kredit itu Penditing 

Sebelumnya, Anda harus tahu dulu jika skor kredit dapat diketahui dengan melihat informasi dari Otoritas Jasa keuangan atau Bank Indonesia. Jika nilai yang didapat cukup tinggi, Anda tidak perlu khawatir terkait rencana pengajuan kredit yang akan Anda lakukan. Sebaliknya jika ternyata rendah Karena pernah mengalami kredit macet, maka Anda perlu memulihkannya. Memperbaiki skor kredit tentu tidak mudah karena status di mata bank tidak memiliki reputasi yang baik.

Tidak mengherankan jika bank sangat berhati-hati dalam menggelontorkan dana pinjaman. Analisis nasabah mulai dari dokumen, identitas, latar belakang hingga riwayat keuangan biasa dilakukan. Hal ini untuk memperkecil risiko menghadapi nasabah yang tidak sanggup membayar tagihan sesuai dengan ketentuan. Jika banyak nasabah yang kreditnya macet, maka kinerja bank juga akan ikut berpengaruh. Operasional jadi terhambat bahkan membuat bank berada dalam ambang kebangkrutan.

Baca Juga: Dokumen yang Dibutuhkan Saat Mengajukan Pinjaman Dana Cepat Tanpa Jaminan

Beda lagi jika nasabah membayar pinjaman dengan tepat waktu, biaya operasional bank jadi tertutup dan mendapat keuntungan. Bank juga bisa berkembang dan memberikan lebih banyak kredit pada masyarakat. Manfaat skor kredit juga bisa dirasakan oleh nasabah jika nilai yang didapat cukup bagus atau berada dalam kategori kredit lancar, reputasi finansial juga ikut meningkat. Sehingga jika membutuhkan dana cepat sewaktu-waktu bisa mengajukan kredit dengan mudah.

Cara Meningkatkan Skor Kredit Anda

Jika saat ini Anda sedang memiliki tagihan kredit, maka usahakan untuk membayar tepat waktu dan menghindari tunggakan. Bisanya jika menunggak sampai lebih dari 180 hari sudah dimasukkan dalam kategori kredit macet. Dan Anda bisa masuk dalam blacklist lembaga keuangan yang bersangkutan. Jika sudah begitu, maka kesempatan untuk mendapatkan kredit lagi di masa depan akan sangat kecil. Bisa jadi  sering ditolak jika tidak segera dipulihkan.

Di awal pengajuan kredit tentu Anda sudah ditawari dengan berbagai pilihan jumlah pinjaman dan jangka waktu. Sebaiknya memilih porsi pinjaman yang sehat. Sebagai contoh, bisanya jumlah kredit yang sehat adalah 30 % dari penghasilan debitur. Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan melakukan pembayaran karena masih bisa memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari di samping kewajiban dari bank yang memberikan  pinjaman.  Jika pinjaman jumlahnya lebih dari 40 % penghasilan, bisanya bank akan ragu memberikan persetujuan, apalagi jika jaminanya tidak begitu kuat.

Tips-tips lain seputar cara meningkatkan skor kredit bisa Anda dapatkan dengan mengkases CekAja.com. Informasi update tersedia di https://www.cekaja.com/info/skor-kredit/. CekAja adalah penyedia jasa keuangan online yang akan menjawab masalah finansialmu dengan cara yang tepat dan cerdas.

Tinggalkan Balasan