Persiapan Umroh? Ini Tips Menabung yang Tepat

Biaya Umroh

Dapat menginjakan kaki di Tanah Suci pastinya merupakan impian seluruh umat muslim di dunia. Menjalankan ibadah Umroh atau Haji di hadapan Ka’bah tentu menjadi momen yang sangat menakjubkan sekaligus mengharukan. Hanya saja, walaupun menjadi keinginan semua orang, sayangnya masih banyak yang belum dapat mewujudkan keinginannya tersebut. Hal tersebut dikarenakan biaya umroh itu sendiri yang tergolong sangat mahal. Bukan hanya itu saja, kuota negara yang terbatas setiap tahunnya juga membuat banyak umat muslim diharuskan untuk mengantri dan menunggu hingga bertahun-tahun lamanya sampai tiba giliran mereka untuk berangkat.

Waktu mengantri itu sendiri tidaklah sebentar. Ada yang menunggu 5 tahun, 10 tahun, bahkan 15 tahun lamanya. Tetapi tentu pengorbanan yang telah dilakukan akan segera terbalas setibanya di Tanah Suci. Keindahan Kota Makkah akan membuat anda melupakan berbagai pengorbanan tersebut. Nah, bagi anda yang ingin menjalankan ibadah Umroh dan tengah mempersiapkan dana, yuk ikuti tips menabung biaya Umroh berikut ini.

Tips Menabung Biaya Umroh

1. Melakukan Pendaftaran Terlebih Dahulu

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya bahwa setiap negara mendapatkan kuota setiap tahunnya untuk para calon jamaah. Jadi, ketika anda melakukan pendaftaran tahun ini, belum tentu anda bisa segera langsung berangkat di tahun yang sama. Maka dari itu, ada baiknya bila anda segera mendaftar, meskipun dana yang anda miliki belum mencukupi. Menunggu keberangkatan umroh bukanlah hal yang sebentar. Anda bisa saja diminta untuk menunggu 3 tahun, 5 tahun, 10 tahun, bahkan hingga 15 tahun lamanya. Maka dari itu, untuk mempersingkat waktu ada baiknya bila anda melakukan pendaftaran terlebih dahulu sebelum fokus untuk mulai menabung

2. Pilih Paket Sesuai Kemampuan

Paket Umroh itu sendiri memiliki 2 jenis yang bisa dipilih, yaitu paket Umroh Reguler dan paket Umroh Plus. Tentu antara reguler dan plus memiliki perbedaan yang cukup signifikan, seperti perbedaan lokasi hotel, maskapai, serta fasilitas-fasilitas lainnya. Memiliki fasilitas berbeda, tentu juga memiliki biaya yang berbeda pula. Biasanya, paket Umroh Reguler akan memiliki harga yang lebih rendah dibandingkan paket Umroh Plus.

Nah, dalam hal ini pilihlah paket Umroh yang sesuai dengan kemampuan anda secara finansial. Walaupun sebenarnya anda ingin memilih paket Umroh Plus namun ternyata anda hanya mampu mengambil paket Umroh reguler, janganlah memaksakan. Jangan sampai anda memilih paket Umroh yang akan membuat dompet anda menjadi sengsara. Selain itu, memilih waktu perjalanan juga dapat mempengaruhi biaya perjalanan anda.

Serupa dengan Indonesia, Arab Saudi juga memiliki 2 musim di negaranya, yaitu musim dingin dan musim panas. Antara kedua musim tersebut, masing-masing memiliki biaya yang berbeda. Begitu pula ketika menjalankan Umroh di bulan Ramadhan atau hari-hari besar lainnya. Usahakanlah untuk memilih bukan dikarenakan fasilitasnya, melainkan karena kemampuan finansial yang anda miliki.

3. Persiapkan Dana

Sebenarnya mempersiapkan dana tidaklah sulit. Anda hanya perlu memiliki keinginan yang kuat serta konsistensi yang tetap. Untuk dana itu sendiri anda bisa mendapatkannya dari menabung penghasilan bulan ataupun berinvestasi. Setiap anda mendapatkan gaji bulanan, sisihkanlah sebagian terlebih dahulu sebelum anda membeli barang yang anda inginkan. Buatlah rekening tabungan yang akan menarik uang anda dengan nominal tertentu secara otomatis, agar uang tidak terpakai.

Selain itu, anda juga bisa mulai berinvestasi atau memulai bisnis sampingan. Investasi emas atau properti bisa dijadikan sebagai solusi yang tepat. Memulai bisnis sampingan juga bisa dijadikan sebagai pilihan. Jika bekerja, anda bisa memulai bisnis online seperti menjadi reseller atau membuka jastip, menjual kue dan sebagainya, yang pada nantinya, hasilnya digunakan untuk ditabung guna mempersiapkan perjalanan Umroh yang anda idam-idamkan.

Yuk, tunggu apa lagi! Wujudkanlah impian anda untuk berangkat Umroh. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi https://www.cekaja.com/info/berniat-umroh-cari-tahu-biaya-dan-tips-mengumpulkan-uangnya/

 

 

Tinggalkan Balasan